Senin, 04 Agustus 2008

Belajar Saxophone 2



Tangga Nada Saxophone
Saxophone merupakan alat yang belum begitu merakyat / membumi karena disamping pemainnya yang tidak/belum begitu banyak, salah satu penyebabnya adalah kelangkaan alat musik tersebut di masyarakat. Tidak seperti gitar yang dapat dijumpai diwarung warung, lapo, kedai, bahkan di music corner, bar, lobby suatu hotel.


Kembali ke laptop, ada berbagai jenis saksopon (bariton, Bas, Tenor, Alto, Sopran, Sopranino dll ) dalam hal ini saya akan membahas 3 jenis saja yang sering tampil atau digunakan dalam konser atau band yaitu :
1. Tenor
2. Alto
3. Soprano.

TENOR SAXOPHONE


Tenor sax memiliki nada "Bes=do" disebut in Bes namun ada juga yang bernada C=do, suatu yang unik adalah sebutan tombol saxopon, baik tenor, alto, sopran, pada pads yang sama sebutannya sama meski nadanya tidak sama.
Tombol C tenor dan Soprano menghasilkan frekuensi nada Bes pada piano. Tombol C Alto menghasilkan frekuensi nada Es pada piano.
Nada nada yang dapat dihasilkan dari Tenor Sax dengan normal mulai ( G nada piano) rendah sampai dengan F oktaf ke 3.


Ada fingering untuk ektra tone / altissimo yang dapat menghasilkan range yang lebih tinggi seperti nada nada di oktaf ke 5 bahkan ke 6, namun memerlukan pengendalian yang sangat presisi dari berbagai faktor antara lain kesesuaian reeds, mouth piece dan pengendalian tekanan tiup dan bibir. Tentu memerlukan latihan / exercise yang ekstra juga.


Untuk lagu lagu universal seperti lagu rame rame misalnya lagu Mars, Lagu Koor, Buku Logu HKBP, Kidung Jemaat, NKB dimana range partitur bisa sampai dengan nada F# bahkan G pada oktaf ke 2, menggunakan Tenor kurang nyaman meski nada nada tersebut dapat diproduksi dengan baik oleh Tenor namun kembali kepada kebiasaan (ala bisa karena biasa) karena range tersebut paling mudah dicapai dengan Alto salah satu Palm key. Alasan lain adalah kalau kita menggunakan Tenor dalam range lagu lagu tersebut maka kekhasan suara Tenornya jadi mirip Alto.

ALTO SAXOPHONE


Alto Sax memiliki range nada yang lebih universal, nada rendahnya sampai dengan Bes, sedangkan nada tinggi normalnya adalah F#. Sama halnya dengan Tenor, Alto dapat memproduksi nada octaf ke 4 bahkan ke 5 dengan teknik Altissimo Fingering.

SOPRANO SAXOPHONE

Soprano Sax merupakan senjata dari Kenny G, meski artis ini juga sangat sempurna dalam meniup Tenor maupun Alto. Fingeringnya sama dengan Tenor akan tetapi nadanya beberapa oktaf diatas oktaf normal dari Tenor.

Augustinus Sianturi

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Horas...
kalo boleh tau lae,,dimana bisa dapat buku cara belajar sexophone