Selasa, 12 Agustus 2008

TELEPON ENGKOL


Telepon Engkol Antiks


Telepon Engkol adalah pesawat telepon zaman baheula, dimana saat ini sangat sulit ditemukan kecuali di museum telekomunikasi (MUSTEL) Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.


Pada tahun 1970 an saya masih sempat menikmati berkomunikasi melalui telepon engkol dikampung saya yang terletak lebih kurang 200 km dari kota Medan Sumatra Utara, namanya Siborongborong. Namun di Era saat ini sudah tidak mungkin lagi ditemukan karena sudah menggunakan Sistim Telopon Otomat. Namun foto telepon engkol disini adalah foto tahun 2008 disebuah rumah makan di Bandarlampung yang masih menyimpan sebuah telpon antiks tersebut.


Local Battery


Adalah sistem telepon dimana untuk menghasilkan tegangan pengebelan (ring voltage) dibantu dengan baterey kering disisi pesawat telepon pelanggan.


Central Battery


Tidak menggunakan baterey di sisi pelanggan, sudah disupply dari sentral.


Telepon Engkol dalam Film Detektif


Pada beberapa film layar lebar, kadang kadang telepon engkol digunakan untuk menyetrum oknum yang sedang di interogasi, diikar dikursi yang sudah disambung dengan telepon engkol. Jika tidak mau bekerjasama maka dengan mengengkol telepon tersebut objek akan dialiri listrik dengan tegangan yang bisa mencapai 90 sd 100 VAC. Akan terlihat mengerang kesetrum.



1 komentar:

MazKeliq mengatakan...

kalo mau fisiknya aku masih pumya kok,... tapi difoto aja ya